Nastar Keju – Hari 1 *sore menjelang maghrib*
Hasil dari 3 buah nanas = segitu. Iya segitu doang. 534 gram. πŸ˜‚
Itu udah dibulet buletin, besok tinggal pake.
Trus tadi katanya ada yang mau beliin nanas lagi, tapi nggak tau belinya dimana. *pak suamik* Beli di tukang ronde yakali ada, bang ohlin. 😏😏😏
β€’ Kalo bikin selai nanas, mending sekalian banyak, ada sisanya. Daripada kurang. Sama-sama lamaaa ini ngerjainnya.

#wordpress #cookies – with zadith

View on Path

Nastar Keju – Hari 1 πŸ™„
Selai Nanas | Pineapple Jam
3 buah nanas, kupas, ilangin mata/bijinya, cuci bersih, parut.
Tips:
β€’ Saring ampas dan airnya, pisahkan.
β€’ Yang dimasak untuk selai ampasnya. Airnya ditambahkan sedikit-sedikit pas dimasak, biar nggak nyiprat-nyiprat.
β€’ Ukuran gulanya sesuai selera aja. Mau sedang atau manis banget.
β€’ Cengkeh & batang kayu manis sesuai selera. Tapi lebih banyak cengkehnya lebih sedaaap. Untuk 1 buah nanas, cengkehnya 4-6 butir. Kayu manis batangan 1-2 ruas jari aja.
β€’ Karena saya pakai 3 buah nanas, dan saya suka aroma cengkeh pada selai nanas, jadi saya pakai 25 butir cengkeh. πŸ™ˆπŸ˜œπŸ˜‚
β€’ Masak selainya selalu pakai api kecil saja, supaya mateng dan nggak gosong, dan hasilnya chewy.
β€’ Karena bikin selai nanas butuh kesabaran, yaaa harus sering diaduk kalo airnya udah mulai nyusut. Kalo nggak sabar, beli aja selai nastar di toko bahan kue. Tapi rasanya yaaa gitu. Sampai rumah harus dimasak lagi, karena kadang kadar airnya masih agak banyak. πŸ™„
β€’ Untuk mendapatkan selai nanas yang berserat, jangan menghaluskan nanas dengan cara diblender. Kalo diblender, seratnya kurang dapet. Masih mending pakai chopper, tapi hasilnya tetep nggak berserat. Yaaa caranya diparut kalo mau hasilnya berserat dan chewy. *memang marut nanas itu paling males. gempor gempor deh tangan* πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ˜‚πŸ˜‚

#wordpress #cookies

View on Path